-->

Sabtu, 18 Juli 2009

NGURI NGURI BOSO JOWO



Basa Iku Busananing Bangsa" Ujar-ujar kuno dalam bahasa Jawa mengandung arti bahwa budi pekerti seseorang atau suatu bangsa (Jawa) akan terlihat melalui bahasa yang dituturkannya.
walaupun bahasa jawa itu menjadi kurang populer dikalangan masyarakat jawa itu sendiri bukanlah suatu alasan untuk melupakan apalagi membuang budaya jawa nan adiluhung ini. kadang memang sering kita jumpai orang jawa sendiri tidak bisa berabahasa jawa [wong jowo lali karo jowone], padahal banyak juga lho orang2 asing belajar bahasa jawa.
apalagi kalau kita diharuskan bahasa jawa krama inggil, yaitu bahasa jawa yang sangat halus dan terhormat. aku sendiri masih susah untuk pakai krama inggil, kadang kliru dalam kosakatanya. susah memang, tapi bahasa ini sangat bagus, dan ini adalah tugas kita untuk meletarikannya. sekarang ini aku hidup di peshawar, pakistan, bahasa nasionalnya urdu, yang hampir sama dengan bahasa hindi, trs bahasa lokalnya pastho. orang2 disini bangga dengan bahsa lokal mereka, dan mereka berusaha melestarikannya. nha, ini membuat ku teringat dengan basa jawa, yang seharusnya pula kita lestarikan sebagai orang indonesia, apa lagi klo kita orang jawa. nah, aku mampir di website hanacaraka nha, bagi teman2 yang pengen juga melesatikan bahasa jawa, atau barang kali pengen nengok seperti apa sih bahsa jawa dan huruf2 jawa itu.silakan berkunjung ke website tsb. ini nih screen shotnya
dan juga kita bisa mendownload font aksara jawa dan aplikasi penterjemah bahasa indonesia ke bahsa jawa. coba deh lihat screen shotnya dibawah ini
asyik juga tuh klo kita punya adik yang masih di SMP atau SMP, yang banyak tugas menulis huruf jawa dari sekolah. ini bisa dijadikan tutorial. dan juga bermanfaat bagi kita dalam rangka melestarikan bahasa jawa. dicoba deh. silakan teman2 kasih komentar tentang tulisanku ini. terimakasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar