-->

Kamis, 09 Juli 2009

"NO WAY.".ALIAS "NONTON WAYANG"

petruk jadi ratu

hening mencekam di istana hastina
wajah-wajah tegang dan hawa ketidak-puasan mengawang

rahang sang nata duryudana tampak mengatup keras
alir darah di wajah para adipati dan raja sekutu pun menderas
durna, sangkuni, baladewa, karna, jayadrata, dursasana semua tegang
begitu juga para seratus kurawa

sebuah negara kecil, sonyawibawa, muncul tiba-tiba di sudut negeri astina
warganya semakin meruah dan tapal batas semakin melela
sebuah negeri rakyat yang menyatakan diri berdaulat
berangsur melahap tanah hastina tanpa takut kualat

para nayaka astina sepakat sudah
bahwa sonyawibawa sungguh durhaka
negeri pembelot haruslah musnah
walau harus dibayar dengan segala daya dan nyawa
maka berangkatlah para senapati
menunaikan tugas menghapus aib negeri

di tapal batas terbelalak mata para nayaka dan punggawa
segala taman dan tugu telah berganti kebun jagung dan palawija
kuda tunggang dan peksi indah
bertukar ayam-bebek petelur dan kerbau pembajak sawah
keris beronce berganti dengan garu cangkul sabit
di mana-mana aroma pupuk kandang legit menggigit
candi pemujaan dan segala bangunan menawan
kini berubah fungsi menjadi kandang hewan piaraan

tak tampak lagi keagungan wilayah negeri astina
yang ada hanyalah keluguan sempurna
tak ada lagi warna-warni meriah
hanya ada hijaunya dedaunan diseling warna tanah

lugas, tatas, dan tuntas
lugu, lucu, bercampur dungu

menyerbulah dengan berani para punggawa astina
namun terhalang para senapati sonyawibawa
patih kanekaretna, detya kaladurga,
arya sigargagang, tumenggung ardawalika
yang muncul tanpa terduga

semua nayaka astina tertawan sudah
terikat kuat dihadapkan sang prabu
belgeduwelbeh tongtongsot upelgen
para tawanan tertunduk kelu lesu
menerima aturan sebagai pihak yang kalah

baladewa juru pengangsu jayadrata mantri sawah
karna juru pekatik sangkuni mantri olah-olah

sabda sang prabu belgeduwelbeh tongtongsot upelgen kemudian
weh, lha wong sudah pada bisa mangreh praja
pergilah kalian semua ngrembug negeri sana
aku mau aminum wedang jahe asantap ketan legi
para teledek segeralah bertayub menari
buatlah aku segera kembali tenang
dengan nonton kalian ngigel jaran goyang . . .

dan semburat berlompatanlah para nayaka dan tumenggung
undur pasowanan untuk kembali jengkeng rembugan ngariung
di pinggir sawah berteduhkan dedaunan kebun jagung

mengguntur berita di telinga istana astina
gundah mencekam duryudana durna lesmana aswatama
rasa pakewuh meminta sraya kadang pandawa
namun wibawa praja lebih perlu ditimbang
harus mengalahkan segala rikuh dan bimbang

para pandawa bertindak segera membantu sisa kurawa
bima, arjuna, pancawala, gatotkaca, antareja, abimanyu, irawan, wisanggeni
segera mendampingi durna, duryudana, aswatama, lesmana
sementara kresna durna tut wuri handayani

semar, gareng dan bagong ikut sambil berlenggang jula-juli
di tapal batas para punakawan berhenti
memasang mata dan telinga awas mengamati
mulai mencurigai suasana yang sangat mereka kenali ini
kental aroma seorang yang telah lama tak kembali

ternyata hanya dalam beberapa kejap
narpati dan punggawa astina amarta sudah tersekap

para punakawan tercekat jenggirat
dan segera mengatur siasat

syahdan sang prabu belgeduwelbeh tongtongsot upelgen
mendadak waswas tanpa jelas apa sebabnya
rasa cemas tak hilang jua walau sudah dijamu tujuh pesinden
sang prabu memanggil para mantri jagabaya

wahai para tumenggung kapiten mantri jagabaya semua
ucap sang prabu membelai cincin emas yang melingkar di hidungnya
waspadalah pada tiga makhluk yang tampak konyol jenaka
seorang tua gendut berkucir bukan lelaki bukan wanita
seorang pincang bubulen penyandang cacad riyip mata
dan seorang bermata belok tak becus berkata-kata
jangan sampai mereka bisa menembus istana
cegahlah segala daya pertaruhkan nyawa
karena mereka-lah sumber segala bencana
bagi sang raja sesembahan kalian semua

namun siasat semar gareng bagong terbukti sangat ampuh
rusak binasa semua alarm istana paling mutakhir
gas buang semar membuat semua mantri jagabaya lumpuh
para pesinden penghibur dan juru pengrawit terbirit-birit ngacir
bahkan para tawanan pun mengaduh-aduh
tersambar dahsyatnya serbuan aroma nan sungguh anyir

gareng bagong bermasker ninja datang menyerbu
sang prabu tak sempat mengambil langkah seribu
jatuh tersungkur tersingkap segala pakaian dan baju
tampaklah segala bekas kudis bintil kadas putih panu

semar girang tertawa terkekeh-kekeh
ternyata ini anakku sendiri kiai kantongbolong
mengapa engkau selalu bertindak aneh dan nyeleneh
tak seperti kakangmu gareng dan adimu si bagong ?

duh rama semar yang rembes namun waskita
anakmu hanya ingin merasakan bagaimana enaknya jadi raja
siang malam hanya tayuban dan dahar kembul andrawina
tiap hari tidak pusing memikirkan uang belanja
untuk pembeli beras rokok kopi gula dan minyak kelapa

anakmu ini sehari-hari hanya bekerja keras membanting tulang
namun hasilnya hanya cukup untuk beli beras setengah rantang

mana cukup untuk hidup sebulan ?
cucumu kan juga perlu cukup uang jajan
karena di pamulangan dia cuma diajar caranya tawuran
hanya gara-gara takut disebut tidak setia kawan

- - - - - - - - - - - - - - - - -

sampai di sini sang dhalang kehabisan kata-kata
ternyata penyebab masalahnya adalah perbedaan kesempatan
kini balik sang dhalang bertanya
sudahkah kita semua bersikap adil pada para punakawan
yang ada di sekitar kita

akhir cerita aslinya adalah sebagai berikut
bimasena segera menghantam patih kanekaretna sampai semaput
yang lalu babar berubah menjadi batara narada si perut gendut

sementara arjuna yang juga sudah dibebaskan
segera menyerang detya kaladurga yang masih keheranan
dan babarlah sang detya menjadi batara guru si raja kahyangan

ah, itu semua kan hanya kata pak dalang . . .
yang terpenting adalah apa makna di balik kisah semacam ini
agar kita tidak senantiasa kalah dan terbelakang
cukup sekian sang dhalang nyuwun pamit undur diri
pareng........



atas permintaan kaum kurawa
durna memasang muslihat untuk melenyapkan bima
dengan menugasinya mencari tirta-prawita-adi
sebagai sarana pembuka pengetahuan sejati
yang bertempat di hutan tibrasara di gunung candramuka

setelah mengirim barisan-pendem untuk mencelakakan arya sena suyudana pulang ke permaisuri banowati dan putrinda leksmanawati
sementara sangkuni dan kurawa lengkap berangkat berkuda

pada saat yang sama di saptapratala,
batara anantaboga dan dewi suparti menerima sasmita dewata
bahwa bima menantu mereka akan menerima cobaan
sang dewi suparti segera silih warna sebagai naga
berangkat untuk membantu sang menantu
di perjalanan bersua para kurawa dan bertempur,
namun para kurawa segera menyimpang jalan
naga jelmaan segera melanjutkan langkah
dan bertapa di gua sigrangga

di sapta arga, resi abyasa sedang dihadap arjuna dan para punakawan
melaporkan bahwa arya sena hendak dicelakakan danghyang durna
abyasa menyuruhnya mencegah, namun bila berkeras,
doakanlah agar semua langkahnya membawa hasil sepadan

di tengah rimba dalam perjalanan pulang,
arjuna cs bertemu sepasang macan, sang kesara dan sang kesari,
macan ditewaskan badhar menjadi batara brahma dan dewi saraswati
brahma memberi wangsit bahwa bima akan memperoleh nugraha
brahma dan isteri kembali makahyangan

yudistira bima nakula sadewa dan kresna di amarta
kresna ikut menahan bima agar membatalkan niatnya
namun bima berkeras bahwa mencari tirta adi di gunung candramuka
adalah bukti baktinya pada bapa guru durna
serta demi mengejar pemahaman inti pengetahuan sejati
arjuna datang dan melaporkan semua yang diketahuinya
sena tetap tidak bisa ditahan dan pamit berangkat

di gunung candramuka sang sena bertindak membabibuta
segala bukit batu dan pohon besar dibongkar berantakan
namun apa yang dicari tetap tak bersua juga

rukmuka dan rukmakala, sepasang raksasa di gunung candramuka
murka melihat arya sena membongkar hutan semena-mena
pertarungan tak terelakkan dan kedua raksasa musnah
kembali ke wujud semula: hyang indra dan hyang bayu
yang memberikan ajian jalasengara dan senjata ekal druwendra
kemampuan memasuki air tanpa kesulitan (jalasengara)
kedua batara memberi wisikan pula
bahwa sebenarnya permintaan durna hanyalah tipu daya
namun semua usaha yang dilakukan secara bersungguh-sungguh
senantiasa akan berbuah sepadan
sang bima segera kembali ke astina
untuk menanyakan pada sang guru

sekembali di astina, durna memberitahu
bahwa tugas terdahulu hanyalah penguji tekad muridnya
tempat yang sebenarnya adalah di tengah samudra
bima segera kembali ke amarta untuk pamit kedua kalinya

di amarta kembali semua kadang menahan kepergian bima
namun sekali lagi bima tak bisa ditahan dan berangkat segera

sesampai di gua sigrangga bima disambar oleh naga suparti
bertempur sejenak naga kalah dan kembali ke wujud aslinya
kemudian membisikkan tentang muslihat durna
namun jangan menurunkan semangat bukti bakti sang menantu
agar tetap memperoleh nugraha atasnya
sang sena diminta segera meneruskan ke samudera
lalu lenyaplah sang dewi
dan byar, arya sena sudah berada di tepian samodera
dengan benak hanya terisi satu tujuan
menaati permintaan guru durna
sang bima mencebur ke tengah samudera
ombak menyaput sampai ke leher dan kepala
termangu sejenak sang bima membayangkan ancaman maut
namun teringat pada aji jalasengara pemberian dewata

seekor naga raksasa, sang nemburnawa, datang menghadang
pertarungan di air membuat seisi samudera bergolak
namun akhirnya sang naga tewas oleh kuku pancanaka
samudera kembali hening tenteram
sunyi

tak lama kemudian tampaklah seorang anak bajang di atas air
melambai pada bima agar menghampir
lalu mewejang dengan berbagai ilmu sejati
penguak segala rahasia alam semesta
usai mewejang musnahlah sang dewaruci
dan sang sena sudah kembali berada di alam nyata
kembali ke amarta


di tepi samodra menunggu arya sangkuni dan para kurawa
menduga sudah tewaslah sang tonggak pandawa
melihat munculnya sang bima para kurawa maju mengerubut
bima berhasil menghindar, hendak segera kembali ke amarta
para kurawa segera membuntuti mengejar

murung yang melela di amarta sirna seketika
oleh munculnya arya bima yang sehat tak kurang suatu apa
wajahnya tampak bersinar cemerlang oleh cahaya surgawi

kerusuhan di belakangnya oleh ulah para kurawa
segera berhasil dipadamkan oleh sang bima
kurawa bubar berantakan tanpa sisa

bima segera menyampaikan segala yang dialaminya
pada kresna dan kadang pandawa
semua berbahagia
keceriaan alam telah kembali mewarnai istana amarta
sang bima telah menemukan segala yang dikehendakinya
pengetahuan tentang hakekat hidup sejati

tancep kayon


termangu sang bima di tepian samudera
dibelai kehangatan alun ombak setinggi betis
tak ada lagi tempat bertanya
sesirnanya sang naga nemburnawa

dewaruci, sang marbudyengrat, memandangnya iba dari kejauhan,
tahu belaka bahwa tirta pawitra memang tak pernah ada
dan mustahil akan pernah bisa ditemukan
oleh manusia mana pun.

menghampir sang dewa ruci sambil menyapa:
'apa yang kau cari, hai werkudara,
hanya ada bencana dan kesulitan yang ada di sini
di tempat sesunyi dan sekosong ini'

terkejut sang sena dan mencari ke kanan kiri
setelah melihat sang penanya ia bergumam:
'makhluk apa lagi ini, sendirian di tengah samudera sunyi
kecil mungil tapi berbunyi pongah dan jumawa?

serba sunyi di sini, lanjut sang marbudyengrat
mustahil akan ada sabda keluhuran di tempat seperti ini
sia-sialah usahamu mencarinya tanpa peduli segala bahaya

sang sena semakin termangu menduga-duga,
dan akhirnya sadar bahwa makhluk ini pastilah seorang dewa
ah, paduka tuan, gelap pekat rasa hatiku.
entahlah apa sebenarnya yang aku cari ini.
dan siapa sebenarnya diriku ini

ketahuilah anakku, akulah yang disebut dewaruci, atau sang marbudyengrat
yang tahu segalanya tentang dirimu
anakku yang keturunan hyang guru dari hyang brahma,
anak kunti, keturunan wisnu yang hanya beranak tiga, yudistira, dirimu, dan janaka.
yang bersaudara dua lagi nakula dan sadewa dari ibunda madrim si putri mandraka.
datangmu kemari atas perintah gurumu dahyang durna
untuk mencari tirta pawitra yang tak pernah ada di sini

bila demikian, pukulun, wejanglah aku seperlunya
agar tidak mengalami kegelapan seperti ini
terasa bagai keris tanpa sarungnya

sabarlah anakku,.memang berat cobaan hidup
ingatlah pesanku ini senantiasa
jangan berangkat sebelum tahu tujuanmu,
jangan menyuap sebelum mencicipnya.
tahu hanya berawal dari bertanya, bisa berpangkal dari meniru,
sesuatu terwujud hanya dari tindakan.

janganlah bagai orang gunung membeli emas,
mendapat besi kuning pun puas menduga mendapat emas
bila tanpa dasar, bakti membuta pun akan bisa menyesatkan

duh pukulun, tahulah sudah di mana salah hamba
bertindak tanpa tahu asal tujuan
sekarang hamba pasrah jiwaraga terserah paduka.

nah, bila benar ucapanmu, segera masuklah ke dalam diriku.
lanjut sang marbudyengrat

sang sena tertegun tak percaya mendengarnya
ah, mana mungkin hamba bisa melakukannya
paduka hanyalah anak bajang sedangkan tubuh hamba sebesar bukit

kelingking pun tak akan mungkin muat.

wahai werkudara si dungu anakku,
sebesar apa dirimu dibanding alam semesta?
seisi alam ini pun bisa masuk ke dalam diriku,
jangankan lagi dirimu yang hanya sejentik noktah di alam.

mendengar ucapan sang dewaruci sang bima merasa kecil seketika,
dan segera melompat masuk ke telinga kiri sang dewaruci
yang telah terangsur ke arahnya

heh, werkudara, katakanlah sejelas-jelasnya
segala yang kau saksikan di sana

hanya tampak samudera luas tak bertepi, ucap sang sena
alam awang-uwung tak berbatas hamba semakin bingung
tak tahu mana utara selatan atas bawah depan belakang

janganlah mudah cemas, ujar sang dewaruci
yakinilah bahwa di setiap kebimbangan
senantiasa akan ada pertolongan dewata

dalam seketika sang bima menemukan kiblat dan melihat surya
setelah hati kembali tenang tampaklah sang dewaruci di jagad walikan.

heh, sena! ceritakanlah dengan cermat segala yang kau saksikan!

awalnya terlihat cahaya terang memancar, kata sang sena
kemudian disusul cahaya hitam, merah, kuning, putih.
apakah gerangan semua itu?

ketahuilah werkudara, cahaya terang itu adalah pancamaya,
penerang hati, yang disebut mukasipat (mukasyafah),
penunjuk ke kesejatian, pembawa diri ke segala sifat lebih.
cahaya empat warna, itulah warna hati
hitam merah kuning adalah penghalang cipta yang kekal,
hitam melambangkan nafsu amarah, merah nafsu angkara, kuning nafsu memiliki.
hanya si putih-lah yang bisa membawamu
ke budi jatmika dan sanggup menerima sasmita alam,

namun selalu terhalangi oleh ketiga warna yang lain
hanya sendiri tanpa teman melawan tiga musuh abadi.
hanya bisa menang dengan bantuan sang suksma.
adalah nugraha bila si putih bisa kau menangkan
di saat itulah dirimu mampu menembus segala batas alam tanpa belajar.

duhai pukulun, sedikit tercerahkan hati hamba oleh wejanganmu
setelah lenyap empat cahaya, muncullah nyala delapan warna,
ada yang bagai ratna bercahaya, ada yang maya-maya, ada yang menyala berkobar.

itulah kesejatian yang tunggal, anakku terkasih
semuanya telah senantiasa ada dalam diri setiap mahluk ciptaan.
sering disebut jagad agung jagad cilik

dari sanalah asal kiblat dan empat warna hitam merah kuning putih
seusai kehidupan di alam ini semuanya akan berkumpul menjadi satu,
tanpa terbedakan lelaki perempuan tua muda besar kecil kaya miskin,
akan tampak bagai lebah muda kuning gading
amatilah lebih cermat, wahai werkudara anakku

semakin cerah rasa hati hamba.
kini tampak putaran berwarna gading, bercahaya memancar.
warna sejatikah yang hamba saksikan itu?

bukan, anakku yang dungu, bukan,
berusahalah segera mampu membedakannya
zat sejati yang kamu cari itu tak tak berbentuk tak terlihat,
tak bertempat-pasti namun bisa dirasa keberadaannya di sepenuh jagad ini.

sedang putaran berwarna gading itu adalah pramana
yang juga tinggal di dalam raga namun bagaikan tumbuhan simbar di pepohonan
ia tidak ikut merasakan lapar kenyang haus lelah ngantuk dan sebagainya.
dialah yang menikmati hidup sejati dihidupi oleh sukma sejati,
ialah yang merawat raga
tanpanya raga akan terpuruk menunjukkan kematian.

pukulun, jelaslah sudah tentang pramana dalam kehidupan hamba
lalu bagaimana wujudnya zat sejati itu?

itu tidaklah mudah dijelaskan, ujar sang dewa ruci, gampang-gampang susah
sebelum hal itu dijelaskan, kejar sang bima, hamba tak ingin keluar dari tempat ini
serba nikmat aman sejahtera dan bermanfaat terasa segalanya.

itu tak boleh terjadi, bila belum tiba saatnya, hai werkudara
mengenai zat sejati, engkau akan menemukannya sendiri
setelah memahami tentang penyebab gagalnya segala laku serta bisa bertahan dari segala goda,
di saat itulah sang suksma akan menghampirimu,
dan batinmu akan berada di dalam sang suksma sejati

janganlah perlakukan pengetahuan ini seperti asap dengan api,
bagai air dengan ombak, atau minyak dengan susu
perbuatlah, jangan hanya mempercakapkannya belaka
jalankanlah sepenuh hati setelah memahami segala makna wicara kita ini
jangan pernah punya sesembahan lain selain sang maha luhur
pakailah senantiasa keempat pengetahuan ini
pengetahuan kelima adalah pengetahuan antara,
yaitu mati di dalam hidup, hidup di dalam mati
hidup yang kekal, semuanya sudah berlalu
tak perlu lagi segala aji kawijayan, semuanya sudah termuat di sini.

maka habislah wejangan sang dewaruci,
sang guru merangkul sang bima dan membisikkan segala rahasia rasa
terang bercahaya seketika wajah sang sena menerima wahyu kebahagiaan
bagaikan kuntum bunga yang telah mekar.
menyebarkan keharuman dan keindahan memenuhi alam semesta

dan blassss . . . !
sudah keluarlah sang bima dari raga dewaruci sang marbudyengrat
kembali ke alam nyata di tepian samodera luas sunyi tanpa sang dewaruci

sang bima melompat ke daratan dan melangkah kembali
siap menyongsong dan menyusuri rimba belantara kehidupan

tancep kayon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar