-->

Kamis, 16 Juli 2009

SEGO TEWEL DONG JATI



Disebut dengan sego tewel [nasi tewel],karena masakan sederhana ini berupa nasi pakai sayur tewel berbahan buah tewel atau buah nangka muda.Rasanya wiih…eco tenan.

Masakan khas Kec.Tambakromo ini udah terkenal sekabupaten pati,bahkan pelanggannya sampai luar kota pati ada yang dari kudus,purwodadi,tayu,juwana,bahkan ada langganan tetap dari jakarta kalau ada urusan dikota pati pasti mampir ke sego tewel [nasi tewel mbak Siti.Kurang lebih ada 50 warung nasi tewel di Kec. Tambakromo,tapi yang paling populer ada di Ds. Ngerang satu jalur dengan makam Sunan Ngerang ,warung nasi tewel Mbak Siti Sofiah.Warung Mbak Siti buka sore hari saat matahari mulai terbenam,sekitar 3-4 jam sudah habis.Memang sudah banyak pelanggan jadi Mbak Siti jualanannya tidak lama.

Warung sego tewel Mbak Siti berdiri tahun 1995 meneruskan mertua,untuk resep masakannya cukup sederhana.Bumbu bumbunya cukup,cabe rawit,merica,bawang putih,bawang merah,garam dan penyedap rasa,untuk bahan utama untuk sayurnya jelas tewel atau nangka muda dimasak dengan santan sebagai kuah sayur. Kalau udah jadi rasanya eco tenan..Dihidangkan dengan piring yang dilambari dengan daun pohon jati berkesan alami,lauk cukup dengan tempe goreng hangat ,kerupuk dan piya piya atau bakwan,minumnya es teh ,teh hangat ,kopi.

Sampai kota pati jalan jalan ke makam sunan ngerang ,nggak merasakan nasi tewel waah…yaa…dak punya cerita.

3 komentar: